Minggu, 20 September 2015

Fungsi Surat Kabar (Konsultasi Skripsi, SKRIPSI, Komunikasi, Judul Komunikasi, Jogja)

Dalam masyarakat modern, terdapat empat fungsi penting yang dijalankan oleh surat kabar, yaitu  (1) Fungsi surveillance yaitu dimana Surat kabar menjalankan fungsinya dalam hal pengawasan yang merujuk pada pengumpulan dan penyebaran informasi mengenai kejadian-kejadian yang ada di sekitar kita. yaitu dengan menyediakan informasi tentang peristiwa penting yang terjadi kepada masyarakatnya. Ada dua bentuk fungsi pengawasan yaitu: Warning or beware surveillance (pengawasan peringatan) Berita yang disampaikan dalam surat kabar bertujuan untuk memberikan peringatan akan terjadinya sesuatu hal yang mendesak dan membutuhkan perhatian. Contoh berita tentang wabah penyakit yang mulai menyebar, gejala alam, kondisi ekonomi yang tidak menentu dan sebagainya. (2) Instrumental surveillance (pengawasan instrumental). Aktualisasi dari fungsi ini adalah penyebaran informasi yang berguna bagi masyarakat. Contoh berita tentang produk baru yang ada di pasaran dan juga harga-harga kebutuhan sehari-hari. Fungsi correlationFungsi korelasi yang dimaksud adalah fungsi menghubungkan bagian - bagian dari masyarakat agar sesuai dengan lingkungannya. Surat kabar berperan sebagai penghubung antar berbagai komponen masyarakat.
(3)  fungsi korelasi termasuk juga menginterpretasikan pesan yang menyangkut lingkungan dan tingkah laku tertentu dalam mereaksi kejadian-kejadian. Fungsi entertainment. Biasanya, media cetak (surat kabar) cenderung menjadikan informasi sebagai porsi terbesar dalam mengisi ruang pemberitaannya daripada hiburan. Namun, fungsi ini tetap dijalankan yang ditunjukkan oleh kemunculan gambar-gambar, kuis dan cerita bergambar. (4) Fungsi cultural transmission Dalam fungsi ini terjadi peralihan budaya yang dominan seperti sub budaya lainnya, dari generasi ke generasi ataupun pada para pendatang. Fungsi ini meliputi proses sosialisasi, dimana media dapat membantu orang untuk mengenal dan mempelajari aturan yang ada dalam masyarakat sehingga mereka dapat menyatu di dalamnya. (Pavlik; 2004: p.13) 
Pada dasarnya, keempat fungsi tersebut merupakan fungsi dari komunikasi massa. Namun, berpegang pada apa yang tercatat dalam buku Komunikasi Massa (Nurudin; 2003: p.61) yang menjelaskan bahwa ketika kita membicarakan fungsi komunikasi massa maka yang harus ada dalam benak kita adalah kita juga sedang membicarakan fungsi media massa. Hal ini dikarenakan komunikasi massa itu sendiri berarti komunikasi lewat media massa. Alasan inilah yang mendasari mengapa ketika memperbincangkan fungsi komunikasi massa sekaligus membicarakan fungsi media massa pula. Surat kabar pun termasuk dalam salah satu bagian dari bentuk media massa. Sehingga surat kabar juga mengusung fungsi yang sama dari sebuah media massa.

Tidak ada komentar: