Minggu, 20 September 2015

Fungsi Media Massa (Konsultasi Skripsi, SKRIPSI, Jogja, Komunikasi, Judul Komunikasi)

Sebagai sebuah sarana yang bertugas untuk menyiarkan produk jurnalistik, media mempunyai beberapa fungsi: Fungsi menyiarkan informasi Media bertugas untuk memberikan dan menyediakan berbagai informasi mengenai berbagai hal yang terjadi di bumi ini, diantaranya: mengenai peristiwa yang terjadi, gagasan atau pikiran orang lain, apa yang dilakukan orang lain, apa yang dikatakan orang lain, dan sebagainya. Fungsi mendidik
Massa media is the range of print, electronic, and filmic opportunities supported by multiple platforms for presentation and consumption (Traudt; 2005: p.5-6).

Sebagai sarana pendidikan massa, surat kabar memuat tulisan – tulisan yang mengandung pengetahuan, sehingga khalayak pembaca bertambah pengetahuannya. Fungsi ini bisa secara implisit terdapat dalam bentuk berita, dapat juga secara eksplisit dalam bentuk artikel atau tajuk rencana. Kadang – kadang cerita bersambung atau berita bergambar juga mengandung aspek pendidikan.
1.       Fungsi menghibur
Isi surat kabar yang bersifat hiburan bisa berbentuk cerita pendek, cerita bersambung, cerita bergambar, teka – teki silang, pojok, karikatur, tidak jarang juga berita yang mengandung minat insani (human interest) dan kadang – kadang tajuk rencana. Maksud pemuatan isi yang mengandung hiburan, semata – mata untuk melemaskan ketegangan pikiran setelah para pembaca dihidangi berita dan artikel yang berat – berat.
2.        Fungsi mempengaruhi
 Sifat surat kabar yang mandiri, bebas menyatakan pendapat, melakukan kontrol sosial dan bukan merupakan surat kabar organ pemerintah yang membawakan sarana pemerintah secara implisit terdapat pada berita, dan secara eksplisit terdapat pada tajuk rencana dan artikel. Bukan saja menyiarkan informasi, tetapi juga membujuk dan mengajak khalayak untuk mengambil sikap tertentu, agar berbuat sesuatu atau tidak melakukan sesuatu. (Effendy; 2003: p. 93-95) 

Tidak ada komentar: