Senin, 28 September 2015

Bentuk Pendampingan Suami(Konsultasi Skripsi, SKRIPSI, Jogja, Kedokteran, Judul Kedokteran, Keperawatan, Judul Keperawatan, kesehatan, Judul Kesehatan)

Caplan cit Akhadi (2009) menjelaskan bahwa bentuk pendampingan suami yang dapat dilakukan terhadap ibu hamil adalah:
a.    Pendampingan dalam bentuk informasional
Keluarga berfungsi sebagai kolekto dan disseminator (penyebar) informasi tentang dunia. Menjelaskan tentang pemberian saran, sugesti dan informasi yang dapat digunakan mengungkapkan suatu masalah. Manfaat dari pendampingan ini adalah menekan munculnya suatu stressor karena informasi yang dapat diberikan dapat menyumbangkan aksi sugesti yang khusus bagi individu.
Aspek-aspek dalam pendampingan suami dalam bentuk informasional dalam meningkatkan kepatuhan konsumsi tablet besi ibu hamil ini adalah nasehat, usulan, saran, petunjuk dan pemberian informasi.
b.    Pendampingan dalam Bentuk Penilaian
Keluarga bertindak sebagai sebuah bimbingan umpan balik, membimbing dan menengahi pemecahan masalah sebagai sumber dalam validator identitas anggota keluarga.
Aspek-aspek dalam bentuk penilaian diantaranya diberikan dalam memberikan support, penghargaan dan perhatian
c.    Pendampingan dalam bentuk instrumental
Keluarga merupakan sebuah sumber pertolongan praktis dan konkrit, diantaranya adalah kesehatan ibu hamil dalam hal
Sedangkan Taylor (cit Utami dan Hasanat 1998) menngidentifikasikan pendampingan dalam bentuk-bentuk sebaga berikut: 
a.         Informasi (tentang lingkungan)
b.         Perhatian emosi (rasa suka, cinta, empati)
c.         Penilaian (informasi yang berhubungan dengan evaluasi)
d.        Bantuan instrumental (materi atau pelayanan)
Demikian pula dengan bentuk-bentuk pendampingan yang disebutkan oleh Smet dan Taylor cit Utami dan Hasanat (1998) dijelaskan sebagai berikut:
a.         Informasi
Menurut Astuti dkk (2000), bantuan informasi akan membantu individu menemukan alternative yang terdapat bagi penyelesaian masalahnya. Informasi dapat berupa saran-saran, nasehat, petunjuk yang diperoleh dan orang lain, sehingga individu dapat membatasi masalahnya dan mencoba mencani jalan keluar untuk memecahkan masalahnya.
b.         Perhatian emosi
Perhatian emosi akan membuat ibu hamil merasa yakin bahwa dirinya tidak seorang diri melewati kehamilan Astuti dkk (2000). Perhatian secara emosional yang berupa kehangatan, keperdulian dan empati yang diberikan oleh orang lain dapat meyakinakan dia bahwa dirinya diperhatikan orang lain.
c.         Penilaian
Pendampingan penilaian berupa umpan balik dan penguat yang dapat digunakan oleh individu yang bersangkutan sebagai sarana evaluasi dan lain-lain dan dorongan untuk maju. Penilaian berisi penghargaan positif, dan dorongan untuk maju atau persetujuan tehadap gagasan atau perasaan individü lain.
d.        Instrumental
Bantuan instrumental merupakan bantuan nyata yang berupa pendampingan materi seperti layanan barang-barang dan finansial. Bantuan instrumental yang berupa materi maupun tindakan akan mempermudah individu dalam melakukan berbagai aktivitas. Tersedianya dana yang memadai akan memungkinkan ibu hamil memenuhi kebutuhan gizi dan perawatan kesehatan yang dibutuhkan selama kehamilan dan saat persalinan (Astuti dkk, 2000).
Dengan demikian bentuk-bentuk pendampingan suami terhadap konsumsi zat besi ibu hamil akan didasarkan melalui penjelasan di atas yaitu dilakukan dalam bentuk Informasi, Perhatian emosi, Penilaian dan Instrumental. Masing-masing bentuk memiliki aspek yang akan dijadikan dasar pengukuran pendampingan suami terhadap konsumsi zat besi ibu hamil.

Tidak ada komentar: