Minggu, 20 September 2015

Aktivitas Humas (Konsultasi Skripsi, SKRIPSI, Humas, Judul Humas, Komunikasi, Judul Komunikasi, Jogja)

   Seperti yang diungkapkan ( Ruslan  2003 : 23 ) bahwa ruang lingkup tugas Humas atau PR dalam suatu organisasi / lembaga antara lain meliputi aktivitas :
1.      Membina hubungan ke dalam ( internal public ); yang dimaksud dengan publik internal adalah publik yang menjadi bagian dari unit/badan/perusahaan atau organisasi itu sendiri.
2.      Membina hubungan keluar ( eksternal public ); yang dimaksud publik eksternal adalah publik umum  ( masyarakat ). Mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran publik yang positif terhadap lembaga yang diwakilinya.
Pembinaan hubungan yang baik dengan internal publik maupun eksternal publik tersebut sangat penting untuk diciptakan, dipelihara dan dibina dalam upaya menumbuhkan goodwill dengan kepercayaan publik terhadap perusahaan yang bersangkutan, sehingga akan tercipta pengertian dan hubungan yang baik diantara keduanya. (Soemirat dan Ardianto  2009 : 14) menyatakan bahwa konsep Humas adalah untuk memahami dan mengevaluasi berbagai opini publik atau isu yang berkembang terhadap suatu organisasi atau perusahaan.
Dalam kegiatannya Humas memberi masukan dan nasehat terhadap berbagai kebijakan manajemen yang berhubungan dengan opini atau isu publik yang tengah berkembang. Dan dalam pelaksanaannya Humas menggunakan komunikasi untuk memberitahu, mempengaruhi dan mengubah pengetahuan, sikap dan perilaku publik sasarannya. Hasil yang ingin dicapai dalam kegiatan Public Relations pada intinya adalah citra yang baik ( good image ), itikad yang baik ( goodwill ), saling pengertian ( mutual understanding ), saling mempercayai ( mutual confidence ), saling menghargai ( mutual appreciation ) dan toleransi ( tolerance ).
Aktivitas humas ialah kegiatan humas dalam membangun hubungan ke dalam dan keluar dalam upaya menumbuhkan goodwill dengan kepercayaan publik terhadap perusahaan yang bersangkutan.

Tidak ada komentar: