Rabu, 01 Oktober 2014

Konsultasi Skripsi; Pengertian Analisa Jabatan

Analisa jabatan adalah suatu kegiatan untuk mengumpulkan, mencatat, mempelajari, mengavulasi, mengorganisasi dan menyimpulkan keterangan-keterangan atau fakta-fakta (informasi) yang berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan atau jabatan tertentu secara sistematis dan teratur.
Untuk mendapatkan informasi dari sumber-sumber diatas dapat dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada para pemegang jabatan, melakukan wawancara secara langsung dengan pekerja yang bersangkutan atau orang yang pernah melaksanakan pekerjaan tersebut, dan melakukan pengeamatan pada pelaksanaan pengamatan langsung pada pelaksanaan pekerjaan atau mempelajari buku catatan harian. Peran analisis jabatan dalam manajemen sumber daya manusia antaralain adalah untuk keperluan :
a.       Rekrutmen, seleksi dan penempatan tenaga kerja
b.      Menentukan besarnya upah
c.       Merancang jalur karir pekerja / pegawai
d.      Menetapkan beban kerja yang pantas dan adil

Yogyakarta, Jogja, 

Tidak ada komentar: