Jumat, 07 Desember 2012

Judul Skripsi Psikologi, Manajemen: Pengertian Kompensasi

Berbicara tentang imbalan yang diterima oleh karyawan tak lepas dari istilah kompensasi. Milkovich dan Newman (1987) mendefinisikan kompensasi sebagai berikut :
”Compensation refers to all forms of financial returns and tangible services and benefit employees receive as part of an employment relationship”.
( Kompensasi adalah semua bentuk imbalan dalam bentuk uang, pelayanan, dan fasilitas yang diterima oleh karyawan dari perusahaan sebagai bagian dari hubungan kerja di antara keduanya).
Sistem kompensasi adalah suatu sistem yang mengatur bagaimana karyawan dalam perusahaan memperoleh pembayaran yang didasarkan pada faktor-faktor yang berkaitan dengan pekerjaan mereka (Dreher & Dougherty, 2001).
Dalam berbagai literatur, kompensasi sering juga disebut remuneration yang artinya pembayaran yang diberikan atas diterimanya servis maupun kontribusi dari seseoran
kompensasi dapat dibedakan atas kompensasi langsung maupun tidak langsung. Kompensasi langsung terdiri atas Gaji Dasar, Uang Penghargaan, Insentif, dan Tunjangan Penyesuaian Biaya Hidup yang besarnya disesuaikan dengan inflasi. Sedangkan kompensasi tidak langsung berupa program perlindungan misalnya asuransi, penggantian kelebihan jam kerja dengan liburan, juga pelayanan yang diberikan kepada karyawan. Definisi tersebut tidak mencakup bentuk penghargaan lain yang diterima oleh karyawan, misalnya pujian secara verbal, promosi, maupun kepuasan kerja.
Kompensasi adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk memotivasi karyawan. Besarnya penghasilan yang didapat oleh karyawan sangat berpengaruh tak hanya pada standar hidup mereka, tetapi juga pada status dan pengakuan yang diberikan oleh lingkungan sosial terhadap karyawan yang bersangkutan. Untuk itu karyawan akan memberikan kinerja yang sebaik mungkin sehingga ia layak mendapatkan imbalan yang diinginkannya. Ini dapat dipahami karena dari sudut pandang karyawan, sebagaimana diungkapkan oleh Milkovich dan Newman (1987), kompensasi adalah imbalan atas jasa yang diberikan karyawan, atau sebagai penghargan atas hasil kerjanya yang memuaskan maupun prestasi kerja yang diberikan oleh karyawan kepada perusahaan. Bagi beberapa orang, kompensasi mencerminkan nilai dari kecakapan/skills pribadi seseorang dan kemampuan yang dimilikinya, atau sebagai hasil dari peningkatan pendidikan maupun pelatihan yang telah dijalani oleh karyawan. Yang tak kalah penting adalah kompensasi ditinjau dari sudut pandang perusahaan. Dalam hal ini kompensasi adalah major expense, yaitu pos pengeluaran/biaya yang sangat besar. 

Share