Sabtu, 24 November 2012

Judul Skripsi Kedokteran: Metabolisme Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu zat makanan yang sangat diperlukan tubuh yang berfungsi sebagai bahan bakar utama untuk mendapatkan tenaga yang dibutuhkan bagi berbagai macam kegiatan fisiologi sel. Dalam hal ini karbohidrat dipakai sel terutama dalam bentuk glukosa (Mayes et al, 1995). Menurut Ganong (1999), karbohidrat yang terdapat dalam makanan adalah polimer heksosa dan yang paling penting adalah galaktosa, fruktosa dan glukosa. Kebanyakan monosakarida terdapat dalam bentuk disomer. Hasil utama pada pencernaan hidrat arang dan gula terdapat dalam darah adalah glukosa.
Glukosa setelah masuk ke dalam sel akan mengalami fosforilasi membentuk glukosa-6-fosfat yang dikatalisis dengan enzim heksokinase. Di dalam hati terdapat enzim lain yang disebut glukokinase yang bersifat lebih sensitif terhadap glukosa dan seperti heksokinase, glukokinase akan meningkat kadarnya oleh insulin dan berkurang pada waktu kelaparan dan diabetes. Glukosa-6-fosfat dapat berpolimerasi membentuk glikogen atau mengalami katabolisme (Ganong, 1999).
Menurut Mayes (1995) metabolisme karbohidrat pada mamalia dapat dibagi sebagai berikut :

  1. Glikolisis : Oksidasi glukosa atau glikogen menjadi piruvat dan laktat oleh jalan Embden Meyerhoff (Gambar 2)
  2. . Glikogenesis   : Sintetis glikogen dari glukosa.
  3. Glikogenolisis : Pemecahan glikogen. Glukosa adalah hasil utama glikogenolisis dalam hati sedangkan piruvat serta laktat adalah hasil utama dalam otot. 
  4. .Oksidasi piruvat menjadi asetil ko-A. Proses ini merupakan tingkat yang penting sebelum hasil glikolisis masuk ke dalam siklus asam sitrat dan merupakan hasil akhir bersama untuk oksidasi karbohidrat, lemak dan protein.
  5.  Heksose monofosfat shunt (jalan pentosa fosfat, jalan oksidasi fosfat glukonat) yaitu suatu jalan Embden Meyerhoff untuk oksidasi glukosa.
  6.  Glukoneogenesis : pembentukan glukosa atau glikogen dari sumber selain karbohidrat. Jalan yang termasuk dalam glukoneogenesis adalah asam sitrat dan glikolisis. Substrat utama untuk glukoneogenesis adalah asam amino glukonat, laktat dan gliserol serta propionat pada hewan memamah biak

Langkah pertama katabolisme monosakarida glukosa, fruktosa dan galaktosa oleh enzim-enzim glikolisis. Lintasan glikolisis mengubah gula menjadi piruvat. Suatu enzim 3 karbon yang menggunakan energi yang dikeluarkan dalam proses untuk melakukan fosforilasi ADP menjadi ATP dan mereduksi NAD menjadi NADH. Piruvat dimetabolisis lebih lanjut menjadi asetil. KoA suatu fragmen 2 karbon yang aktif pada proses lebih lanjut menghasilkan lebih banyak NADH

Share