Sabtu, 24 November 2012

Judul Skripsi Pendidikan: Lembar Kerja Siswa

Lembar kerja siswa merupakan hand out yang dimaksudkan untuk membantu siswa belajar secara terarah. Menurut Surachman (1998) dalam kegiatan praktis LKS dapat berupa petunjuk praktikum sesuai dengan formatnya (susunannya).
LKS dapat dikemas dalam bentuk :
a.       Tertutup (Structured, Guided)
Sifat tertutup ini menunjukkan program belajar yang dikemas guru sedemikian ketatnya, sehingga tidak memberi peluang kepada siswa untuk mengembangkan daya nalar, kreatifitas, minat dan daya imajinasinya. Siswa dipaksa mengikuti arahan dan mengerjakan tugas-tugas sesuai petunjuk yang telah ditetapkan guru. Penerapan bentuk LKS ini biasanya ditujukan kepada siswa yang sedang mulai belajar. Apa yang dikerjakan siswa, secara tersembunyi sesungguhnya semua jawaban yang akan ditemukan siswa dalam kegiatan yang sudah ditetapkan oleh guru.
b.      Semi Terbuka (Semi Structured, Semi Guided)
Bentuk LKS ini mirip dengan LKS Model Tertutup, namun beberapa bagianya sengaja diberikan kepada siswa untuk dikembangkan. Bagian-bagian yang diserahkan kepada siswa umumnya dirancang guru untuk mengembangkan beberapa kemampuan spesifik pada diri siswa.
c.       Terbuka (Un-Structured, Un-Guided, Free Inquiry, Free Discovery)
Sifat terbuka memberi makna adanya pemberian peluang besar bagi siswa mengembangkan kreatifitas dan daya nalarnya. Arahan yang diberikan guru biasanya lebih bersifat sebagai stimulasi bagi siswa untuk mengerjakan sesuatu kegiatan belajar, misal penyajian problema yang harus dipecahkan siswa lewat kajian eksperimental atau dapat pula disajikan sebagai bentuk studi kasus. Dalam hal ini desain dan pelaksanaan eksperimen sepenuhnya dikerjakan siswa. Selama kegiatan belajar guru lebih banyak memerankan dirinya sebagai motivator dan fasilitator. Sifat menantang dan menumbuhkan sifat keingintahuan siswa menjadi kunci keberhasilan dalam memacu aktivitas belajar siswa.

Tidak ada komentar: