Kamis, 24 Maret 2011

Judul Skripsi Psikologi; Kemandirian

Kemandirian merupakan salah satu aspek karakter yang dianggap menjadi salah satu indikator dari keberhasilan perjalanan hidup seseorang.Bahkan dalam salah satu artikel yang pernah saya baca, kemandirian menjadi salah satu indikator yang dimasukkan kesiapan anak memasuki sekolah dasar.kalau tidak salah (alias lupa, indikator lain adalah ketekunan dan kedisiplinan)....
muncul pertanyaan saya mengapa kemandirian jauh lebih penting ditekankan dari pada kemampuan semisal calistung). Melalui penelusuran dari beberapa buku yang kemudian saya rangkum, saya menyimpulkan bahwa kemandirian merupakan suatu dimensi yang sangat luas. tidak hanya menyangkut kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan tanpa bantuan orang lain namun di dalamnya mengandung beberpa hal, misalknya 1) hasrat bersaing untuk maju demi kebaikan dirinya, (2) Mampu mengambil keputusan dan inisiatif untuk mengatasi masalah yang dihadapi (3) Memiliki kepercayaan diri dalam mengerjakan tugas-tugasnya (4) Bertanggungjawab terhadap apa yang dilakukannya.
Satu hal lagi yang perlu dicatata dalam menumbuhkembangkan sikap kemandirian adalah peranan orang tua. Orang tualah yang memunculkan dan membentuk dasar-dasar kemandirian. Baru kemudian setelah interkasinya di lingkungan smeakin banyak muncul porsi yang lebih besar dari lingkungan . secara bersama-sama peran orangtua dan respon dari lingkungan sangat diperlukan bagi anak sebagai “penguat” bagi setiap perilakunya.
Kemandirian sendiri merupakan suatu sikap yang diperoleh secara kumulatif selama perkembangan, dimana individu akan terus belajar untuk bersikap mandiri dalam menghadapi berbagai situasi di lingkungan, sehingga individu pada akhirnya akan mampu bertindak dan berpikir sendiri. Artinya perlu suatu pembentukan yang terus berlangsung bahkan ketika anak kita menjadi remaja atau bahkan individu dewasa.
tentunya pembentukan kemandirian tersebut berubah-ubah seiring dengan karakter pribadi dan perkembangan yang dilalui oleh sang anak. hal ini disesuaikan dengan porsi tanggung jawab yang dikenakan pada perkembangan tersebut.
Catatan selanjutnya (masih harus banyak belajar mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menumbuhkembangkan kemandirian)...

Tidak ada komentar: